Oleh Yuddy Yuniardhi

Hadits tentang sendi tulang manusia

Rangka manusia terdiri dari kumpulan tulang yang fungsinya menyangga tubuh dan memberinya bentuk, sekaligus melindungi alat-alat didalamnya dan bagian-bagiannya, plus menyediakan permukaan yang kokoh dan menjadi landasan bagi urat. Dari Aisyah ra. bahwasanya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, bersabda: “Sesungguhnya setiap manusia dari kalangan anak Adam diciptakan dengan 360 sendi. Barangsiapa yang bertakbir memahabesarkan Allah, bertahmid memuji Allah, bertasbih menyucikan Allah, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, atau (menyingkirkan) duri atau tulang dari tengah jalanan, memerintahkan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, sejumlah 360 sendi tersebut, maka hari itu ia telah berjalan sambil menjauhkan dirinya dari neraka.” (Shahih Muslim: 1007,2/698).

Hadits senada dilansir oleh Imam Abu Dawud dalam Kitab “Al-Adab“, hadits nomor 4563, dengan redaksi dari Buraidah, bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, Di dalam diri setiap manusia terdapat 360 sendi, dan ia wajib menunaikan satu sedekah bagi setiap sendi”.  Ditanyakan kepadanya: “Ya Rasulullah, siapa yang mampu berbuat demikian?” Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menjawab: “Kalian boleh membersihkan ludah yang mungkin ditemui di dalam masjid, atau mengalihkan batu, duri, atau tulang dari laluan orang-ramai. Jika kalian tidak mampu berbuat demikian, solat dua rakaat Ad-Dhuha sudah mencukupi“.

Bahwa Rasulullah mampu menyebutkan jumlah persendian pada tubuh manusia dengan sangat detail (360 sendi),  tanpa pembuktian sebelumnya, adalah hal yang sangat mengagumkan! Tanpa iman, niscaya manusia mengingkari perkataan ini. Namun dengan iman, kabar ini tentu membuahkan keyakinan sangat kuat bahwa Allah adalah Maha Pencipta, tidak ada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wassalam adalah benar Utusan Allah.

Empat belas abad kemudian dari pernyataan Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam, tepatnya Tahun 1995 –  puncak prestasi ilmu pengetahuan saat itu, seperti tertulis dalam “Ensiklopedia Global” (The Global Encyclopedia), hanya menyebut klasifikasi tulang, dan belum mampu merincinya secara detil.  Ensiklopedia Britanica  juga menggolongkan tulang-tulang dan kerangka pada manusia dalam 3 kumpulan besar tanpa pembatasan, yaitu:

– Struktur pusat yang meliputi: tulang punggung dan sebagian besar tengkorak
– Struktur dalam yang meliputi: rongga dada, tulang rahang bawah, dan sebagian organ-organ tulang rahang atas.
– Terminal Struktur yang meliputi: tulang-tulang panggul (pelvis), tulang-tulang belikat, dan ujung-ujung pada tulang rawan.

Akan tetapi seorang ilmuwan muslim bernama DR. Hamid Ahmad Hamid di dalam bukunya ‘Perjalanan Iman di dalam tubuh manusia’, menyebutkan dengan sangat detail 360 persendian pada manusia, sebagaimana yang disebutkan secara eksplisit  oleh Rasulullah 14 abad yang lalu. Penjabaran Dr. Hamid, sebagai berikut:

A. 147 persendian yang terdapat pada vertebrae/ tulang punggung:
– 25 sendi di area vertebrae/tulang punggung
– 72 sendi di antara vertebrae/tulang punggung dan costae/tulang rusuk.
– 50 sendi di antara vertebrae tulang punggung.

B. 24 persendian pada thorax/dada:
– 2 sendi di antara 2 tulang dada dan rongga dada
– 18 sendi di antara dada dan rusuk
– 2 sendi di antara tulang selangka dan tulang bahu
– 2 sendi di antara tulang bahu dan dada.

C. 86 persendian area atas:
– 2 sendi di antara 2 tulang bahu
– 6 sendi di antara 2 siku tangan
– 8 sendi di antara 2 pergelangan tangan
– 70 sendi di antara tulang-tulang tangan.

D. 92 sendi  area bawah:
– 2 sendi di antara 2 paha
– 6 sendi di antara 2 lutut
– 6 sendi di antara 2 mata kaki
– 74 sendi di antara 2 kaki
– 4 sendi di antara tulang lutut

E. 11 sendi gelang panggul:
– 4 sendi di antara tulang punggung dan tulang ekor
– 6 sendi di antara tulang pangkal paha
– 1 sendi pada simfisis pubis (pubic symphysis).

Jumlah keseluruhan adalah: 147+24+86+92+11= 360 sendi.

Tanpa persendian yang telah disiapkan Allah agar sebagian besar tulang rangka manusia yang keras dapat bergerak, tentu manusia akan menderita banyak kesakitan, dan menghadapi berbagai macam persoalan dan beragam kesulitan.

Dari sinilah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam berwasiat kepada manusia untuk bersyukur kepada Allah setiap hari dengan  cara bersedekah, minimal sejumlah sendi di tubuhnya jika memang tidak dapat melakukan lebih banyak lagi. Ketika manusia melakukan zikir, syukur, dan sedekah maka sesungguhnya dia tidak akan mampu memenuhi syukur kepada Allah walau untuk satu sendi dari 360 sendi yang telah diciptakan Allah di dalam tubuhnya.

Pertanyaannya, siapakah yang mengajarkan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam bahwa setiap manusia diciptakan dengan 360 sendi? Siapakah yang mendorong beliau untuk menyelami hal-hal gaib seperti ini?  Jawabannya tidak lain: Allah yang Maha Pencipta. Jika Allah tak menguatkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dengan  ilmu dari sisiNya, tentulah beliau tidak akan mendahului semua ilmu manusia mengabarkan hal ini. Penyebutan masalah ini dalam hadist shahih yang dinisbatkan kepada Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam sebagaimana yang dikaji di atas merupakan bukti tersendiri atas kenabian dan kerasulan hingga hari kiamat.

Inilah gambaran anatomi berdasarkan hadits Rasulullah yang tidak bisa dibantah oleh pihak manapun,  baik dokter, spesialis ilmu anatomi, dan berbagai ahli kedokteran. Sudah jelas bagaimana hebatnya umat muslim mempunyai seorang Rasul yang juga ahli dalam anatomi. Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa ashhabihi ajma’in. Semoga shalawat kesejahteraan, salam kedamaian dan keberkahan selalu tercurahkan kepada beliau beserta keluarga, sahabat, dan mereka yang mengikuti petunjuknya dan berjuang di jalan-Nya sampai kiamat kelak. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.Semoga kita di akhirat kelak termasuk sebagai umatnya karena selalu mengamalkan hadits-nya, amin…