(sahrilpiha03.wordpress.com)

(Dikutip dari: http://pelitahayati90.blogspot.com/2012/03/renungan-tanda-tanda-kematian-dari.html)

“Bahwa malaikat maut memerhati wajah setiap manusia di muka bumi ini 70  kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenung wajah seseorang, didapati  orang itu ada yang sedang gelak ketawa. Maka berkata Malaikat Maut: “Alangkah hairannya aku melihat orang ini, sedangkan aku diutus oleh Allah Taala untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih bersenda gurau dan tertawa.” –Sabda Nabi Muhammad saw.

Ini adalah tanda pertama dari Allah SWT kepada hambaNya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakiNya. Walau bagaimana pun semua orang Islam akan mendapat tanda ini, cuma apakah mereka sadari atau tidak saja. Tanda ini akan berlaku biasanya sehabis waktu Ashar.

Seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ke jung kaki akan  mengalami getaran atau seakan mengigil. Contohnya seperti daging lembu yang baru saja disembelih, yang jika diperhatikan dengan teliti kita akan mendapati daging tersebut seakan bergetar. Tanda ini rasanya nyaman dan bagi mereka yang tergetar hatinya karena mengingat sebagai tanda kematian, getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita menyadari kehadiran tanda ini. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa manfaat.

Bagi yang menyadari tanda ini, menjadi peluang terbaik untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan untuk dibawa ke akhirat dan meninggalkan urusan duniawinya.

Tanda 40 Hari

Tanda ini juga akan berlaku sesudah  waktu Ashar. Pada bagian, maaf. pusar kita akan berdenyut-denyut. Pada waktu ini daun yang tertulis nama kita, akan gugur dari pohon yang letaknya di Arasy Allah SWT. Malaikat Maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persiapannya untuk kita, di antaranya Ia akan mengikuti kita sepanjang waktu. Malaikat Maut ini juga akan memperlihatkan wajahnya sekilas dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan kebingungan sekejap. Adapun Malaikat Maut ini wujudnya cuma seorang, tetapi dengan kuasaNya untuk mencabut nyawa, Ia dapat hadir bersamaan pada jumlah nyawa yang akan dicabutnya.

Tanda 7 Hari

Adapun tanda ini hanya akan diberikan kepada mereka yang diuji dengan  musibah berupa sakit, yang saat itu tidak mau makan tetapi secara tiba-tiba ia berselera untuk makan.

Tanda 3 Hari

Perjalanan menuju Sumber Cahaya
(beritaterkini.us)

Pada saat itu akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita, di antara dahi kanan dan kiri. Jika tanda ini didapat sebaiknya berpuasa lah selepas itu, supaya perut kita tidak mengandung banyak najis dan akan memudahkan pekerjaan orang yang akan memandikan kita nanti.

Pada waktu itu mata hitam kita juga tidak akan bersinar lagi. Bagi orang yang sakit, hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat jelas terlihat dari samping. Telinganya akan layu, dengan bagian ujungnya akan berangsur-angsur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terjulur, perlahan-lahan akan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.

Tanda 1 Hari

Akan berlaku sesudah waktu Ashar, kita akan merasakan satu denyutan di belakang kepala dekat ubun-ubun, yang menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Ashar keesokan harinya.

Tanda Akhir

Kita akan merasakan keadaan sejuk di bagian pusar yang turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bagian halkum. Ketika ini terjadi, hendaklah kita terus mengucap kalimah syahadah dan berdiam diri, menantikan kedatangan malaikat maut yang menjemput kita untuk  kembali kepada Allah SWT.

*) dengan editing seperlunya guna penyesuaian bahasa