(simkesugm07.wordpress.com)

Oleh Zulhamdi

Hanya tinggal beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan menjelang. Datangnya bulan keberkahan dan ampunan, memberikan harapan untuk meraih segala kebaikan yang ada di dalamnya. Inilah saatnya untuk menggapai keampunan Allah. Bagaimanakah rumah setiap Muslim mempersiapkan diri menyambut Ramadhan? Ada delapan amal yang perlu kita siapkan untuk menyambut bulan mulia ini, agar Ramadhan kita kali ini benar-benar lebih berarti.

Pertama, menyediakan waktu untuk muhasabah diri.

Hendaklah setiap Muslim yang akan menyambut Ramadhan mulai menghitung-hitung amal dan dosa yang telah ia lakukan selama setahun ini. Apakah Ramadhannya tahun lalu telah memberikan kepadanya sinergi untuk melalui sebelas bulan yang kini hampir berlalu?

Menghitung-hitung diri saat menjelang datangnya Ramadhan menjadi sangat penting, sehingga setiap Muslim akan mempunyai azam yang lebih kuat lagi dalam berupaya menggunakan Ramadhan kali ini hanyalah untuk kebaikan dan menggapai segala rahmat dan ampunan Allah yang ada di dalamnya. Allah menegaskan di dalam surat Al- Hasyr:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

(rangeradith.wordpress.com)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa melihat kepada dirinya apa yang telah ia persiapkan untuk hari esoknya, dan bertakwalah kepada Allah sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dan janganlah kalian menjadi seperti orang-orang yang melupakan Allah sehingga Allah melupakan diri mereka, merekalah orang-orang yang fasik.” (Al-Hasyr: 18-19)

Kedua, memperbanyak istighfar dan taubat.

Setiap anak Adam pasti pernah salah dalam kehidupannya. Iman yang selalu naik dan turun dalam perjalanan hidup yang banyak godaan pasti akan membuat kita pernah terpeleset, sehingga terkotori oleh dosa dan kotoran itu perlu dibersihkan. Maka istighfar dan taubat adalah pembersihnya.

Ketiga, melatih diri dan anak-anak dengan ibadah Ramadhan di bulan Sya’ban.

Seperti melatih berpuasa, membaca Al-Quran, qiyam, sedekah. dan lain sebagainya. Dari Aisyah ra ia berkata, “Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan Sya’ban.(HR. Bukhori). Habib bin Abi Tsabit apabila masuk bulan Sya’ban ia berkata, “Ini adalah bulan para pembaca Al-Quran”.

Keempat, memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga.

Allah berfirman:

فاتقوا الله وأصلحوا ذات بينكم

“Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan di antara kalian”.

(freddysetiawan.wordpress.com)

Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut Ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang Ramadhan saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

Kelima, menjalin silaturrahim dengan tetangga.

Mendekati bulan yang penuh berkah hendaklah juga mulai menjalin kembali silaturrahim dengan teman-teman dan para tetangga, sehingga ketika kita mulai menjalin hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama telah menjadi baik. Dengan demikian, kenyamanan jiwa akan benar-benar dirasakan ketika berpuasa.

Keenam, mempersiapkan bekal keperluan selama bulan Ramadhan.

Sehingga ketika telah berada di bulan Ramadhan diharapkan, waktu yang ada dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk memperbanyak ibadah dan tilawah.

Ketujuh, menghiasi rumah dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits

Terutama yang berkenaaan dengan keutamaan puasa dan ucapan-ucapan menyambut Ramadhan. Karena tulisan dan ucapan-ucapan itu akan memberikan motivasi dan kesiapan untuk menyambut bulan yang mulia dan mengisinya dengan ibadah.

(khoiz.wordpress.com)

Kedelapan, menambah ilmu.

Banyak cara untuk mendapatkan ilmu, salah satunya dengan membaca buku-buku berkenaan dengan Ramadhan. Sehingga diharapkan dapat melaksanakan tuntunan ibadah puasa dengan benar, terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat membatalkan ibadah puasa atau mengurangi nilainya.

Judul Asli: “8 Amalan Menyambut Ramadhan”

(Dikutip dari: http://jabal-uhud.blogspot.com/2008/08/8-amal-menyambut-ramadhan.html)