(daarulikhsan.wordpress.com)

Oleh Ervan Subagyo

Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang mulia dan memuliakan orang-orang yang membaca, menghafal, mengamalkan dan men-tadabburi-nya. Al-Qur’an merupakan ruh bagi orang-orang yang beriman, sekaligus sebagai peringatan dan sumber pengetahuan bagi seluruh manusia tanpa terkecuali.

Menghafal Al-Qur’an mempunyai keutamaan di dunia dan di akhirat. Keutamaan di dunia di antaranya adalah nikmat Rabbani yang datang dari Allah, yang menjanjikan kebaikan, keberkahan dan kenikmatan dan ilmu bagi penghafalnya. Dan para penghafal Al-Qur’an mendapatkan Tasyrif Nabawi (penghargaan khusus dari Nabi). Dan seorang yang menghafal Al-Qur’an orang-orang terhormat yang merupakan keluarga Allah yang ada di atas bumi.

Keutamaannya di akhirat antara lain Al-Qur’an menjadi penolong (Syafa’at) bagi para penghafalnya, meninggikan derajat manusia di syurga sesuai dengan banyaknya ayat yang dihafalkan. Mereka bersama para malaikat yang mulia dan taat. Di akhirat kelak para penghafal Al-Qur’an akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah (mahkota kemuliaan) bagi dirinya dan kedua orang tuanya.

Mahkota ini bersinar dengan cahanyanya, bahkan cahaya ini melebihi cahaya matahari dan lebih baik dari dunia dan segala isinya. Dan para penghafal Al-Qur’an paling banyak mendapatkan pahala dari Al-Qur’an di sisi Allah SWT.

Beberapa langkah teknis menghafal Al-Qur’an:

(diwicoi.blogspot.com)

1. Menggunakan mushaf standar (1 halaman 15 baris)

2. Menentukan target.

  • Contoh pertama (ringan) : 3 baris/hari , x 5 hari = 15 baris (1 halaman) 1 pekan 1 halaman, 20 pekan (5 bulan) 1 juz
  • Contoh kedua (sedang) : 1 hari 15 baris (1 halaman), kurang lebih dalam dua tahun hafal 30 juz
  • Contoh ketiga (cepat) : 1 hari 1 lembar (30 baris), kurang lebih dalam 1 tahun hafal 30 juz

3. Membaca (talaqqi) dan memperhatikan ayat yang akan dihafal untuk menjaga kemungkinan masih ada kesalahan bacaan (baca 5 sampai 10 kali).

4. Menghafal ayat per ayat

5. Menyetorkan hafalan kepada guru

6. Mengulang hafalan secara konsisten.

Beberapa teknik menghafal Al Quran:

1. Teknik memahami ayat yang akan dihafal dengan membaca terjemahan atau tafsir sebelum mulai menghafal, sehingga ketika akan menghafal kita dapat membayangkan makna dan arti sehingga lebih memudahkan dalam mengingatnya.

2. Teknik mengulang-ulang bacaan sebelum menghafal

(majalah.hidayatullah.com)

contoh 1
*baca ayat pertama 20x
*baca ayat kedua 20x
*baca ayat ketiga 20x
*baca ayat keempat 20x, ulang 4 ayat diatas sebanyak 20x sebelum menambah hafalan baru dengan cara yang sama, dan ulang metoda yang sama per 4 ayat.

contoh 2
*baca ayat pertama 20x
*baca ayat kedua 20x
*sebelum membaca ayat yang ketiga, gandengkan 2 ayat sebelumnya dan baca sebanyak 20x
*sebelum membaca ayat yang keempat, gandengkan 3 ayat sebelumnya dan baca sebanyak 20x. dst. ulangi cara yang sama tiap lembar

Contoh 3  Penghafal Al Quran di Uzbekistan , pada umumnya mereka membaca 300 sampai 500 kali ayat yang akan dihafalnya. Dan inilah yang menjadi kunci keberhasilan mereka.

3. Teknik mendengarkan sebelum menghafal, baik dibacakan orang lain ataupun mendengarkan rekaman,kaset, Mp3 dll

4. Teknik menulis ayat Al Quran sebelum menghafal

5. Membiasakan mengkhatamkan Al Quran sesering mungkin.

(kayosakti.blogdetik.com)

Berikut adalah contoh cara yang ringan untuk mengkhatamkan Al Quran. Setiap selesai sholat baca 2 lembar, berarti dalam sehari 5 kali sholat wajib berarti dapat membaca 1 juz, dan jika instiqomah maka dalam satu bulan 30 hari dapat mengkhatamkan bacaan sebanyak 30 juz (1 bulan Khatam). Jika ingin khatam lebih cepat atau lebih lambat tinggal disesuaikan dengan kemampuan.

Bahkan Seorang penghafal Al Quran di kota malang, meraih keberhasilan menghafal Al Quran 30 juz , karena memiliki kunci sukses , dalam bentuk kegiatan selesai menyetorkan hafalan, beliau membiasakan mengkhatamkan Al quran setiap hari sekali dan ini berlangsung selama 4 bulan.

6. Menggabungkan beberapa teknik menjadi satu tergantung kemampuan dan pribadi masing-masing. teknik diatas adalah beberapa teknik sederhana dalam menghafal Al Quran dan masih banyak teknik lain yang disesuaikan dengan cara dan kemanpuan calon penghafal.

Semoga kita diberikan kenikmatan membaca Al Quran setiap saat, diberi kemudahan dalam menghafalkannya, memberi pemahaman dalam menatadabburinya dan diberi keistiqomahan dalam mengamalkannya. Sehingga Allah SWT akan menjadikan kita sebagai Ahlul Quran dan mengangkat derajat kita sebagai Ahlul Jannah di akhirat kelak..

Semoga bermanfaat.

Judul asli: “Tip dan Trik menghaFal Al-Qur’an”

Iklan