(tohaputracenter.com)

(Dikutip dari: http://hyup7.student.umm.ac.id/sample-page/)

Banyak sekali program pengembangan diri yang dibuat para ahli pengembangan diri di dunia maupun di Indonesia, namun hanya satu program pengembangan diri yang langsung dirancang oleh Allah. Program yang memberikan hasil terbaik, yang mampu membentuk pribadi-pribadi luar biasa seperti para sahabat Rasulullah saw. Bahkan generasi penerusnya, seperti Muhammad Al Fatih, Shalahudin Al Ayubi, Ibnu Sina, dan berbagai nama besar lainnya. Program pengembangan diri ini tiada lain ialah tarbiyah, yang didapatkan di bulan suci Ramadhan.

Seperti kita ketahui, hasil akhir yang diharapkan setelah melalui puasa di bulan Ramadhan adalah menjadi insan yang bertaqwa. Menjadi insan yang bertaqwa tidaklah mudah, tetapi dengan metode Ramadhan ini derajat taqwa dapat dicapai semua umat Islam yang benar-benar menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Yaitu, puasa yang bukan hanya memenuhi syarat-syarat fiqh saja, tetapi berikut dengan mata, lidah, dan hati. Ibadah puasa yang bukan hanya ibadah fisik semata, tetapi juga menjadi ibadah ruhaniah.

Program Pengembangan Diri Terbaik

Tidak perlu disangsikan, metode di bulan Ramadhan adalah cara pengembangan diri terbaik. Bagaimana tidak, karena derajat taqwa dapat dicapainya. Bagaimana jika menggunakan cara yang mengadaptasi metode Ramadhan ini, sebagai metode pengembangan diri kita untuk aspek kehidupan lainnya? Saya yakin akan memberikan hasil yang luar biasa.

(pedulisaudara.wordpress.com)

Jika Anda dapat menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan baik, maka Anda bisa menggunakan program pengembangan diri ini dengan baik pula. Anda sudah terlatih, Anda sudah biasa. Seharusnya kemampuan ini menjadi modal umat Islam, untuk mencapai sukses dalam segala bidang.

Membangun Kebiasaan Disiplin

Ibadah puasa, mengajarkan kita disiplin yang luar biasa. Kita dilatih untuk tidak memakan atau meminum makanan sendiri, yang halal sekali pun. Mengapa dilarang? Ya, maksudnya untuk melatih diri kita menjadi taat dan disiplin. Bukan masalah halal dan haram yang dibicarakan disini, tetapi sejauhmana Anda mentaati perintah dan disiplin melakukannya.

Anda harus melakukannya selama sebulan penuh, mulai dari Shubuh sampai Maghrib. Ini sebuah pelatihan dan pembiasaan disiplin yang akan membekas pada diri, jika Anda melakukannya dengan penuh kesungguhan.

Aplikasinya dalam program pengembangan diri ialah Anda mampu melatih dan membiasakan kegiatan positif untuk diri. Anda sanggup memaksakan sebuah kebiasaan baru yang positif dengan penuh disiplin. Mungkin tidak akan ada yang marah saat Anda membatalkan kebiasaan tersebut, tetapi Anda sudah terlatih untuk tetap taat –setidaknya dalam 1 bulan– agar terbiasa nantinya.

Sekarang, kebiasaan apa yang ingin Anda miliki? Maka, paksakanlah diri Anda selama satu bulan untuk menjalankannya. Anda pasti bisa!

(snhadi.wordpress.com)

Membangun Kejujuran

Jika Anda seorang diri, tidak ada yang mengenal Anda di sebuah tempat yang jauh dari rumah Anda. Anda bisa saja masuk ke restoran untuk makan dan tidak ada orang lain yang akan memergoki Anda. Namun, orang beriman tidak akan melakukannya, karena dia sadar bahwa Allah selalu mengawasinya.

Ini adalah sebuah latihan kejujuran. Banyak yang mengatakan bahwa kejujuran adalah modal untuk sukses, sementara dusta malah akan merusak sukses.

Aplikasinya dalam program pengembangan diri ialah Anda bisa berlatih jujur dalam menjalankan tugas, meski ada peluang untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa diketahui orang. Tetaplah jujur, jagalah. Anda sudah terbiasa melakukannya selama satu bulan penuh.

Membangun Kesabaran

Satu lagi yang dilatih dalam Ramadhan adalah kesabaran. Anda dilatih tetap puasa dari mulai Shubuh sampai Maghrib. Dari awal bulan sampai akhir bulan.

Aplikasinya dalam program pengembangan diri ialah Anda bisa melatih kesabaran dengan cara mengatur rentang waktu tertentu, kemudian Anda mengerjakan sebuah program. Anda tidak berhenti sampai waktu tersebut habis atau pekerjaan selesai. Sebagai contoh ialah program peningkatan wawasan Anda. Tetapkan waktu, misalnya 1 jam setiap hari untuk membaca. Kemudian bacalah dan jangan berhenti sebelum waktu habis. Latihlah biasa membaca, meski Anda bosan, tetaplah sabar membaca selama 1 jam. Lakukan ini selama 1 bulan, maka Anda akan terbiasa membaca 1 jam per hari.

Insentif menjadi magnet (goldenlifeinstitute.com)

Insentif Yang Besar

Seperti kita ketahui, pahala ibadah di bulan Ramadhan sangat besar dan berlipat ganda. Ini sebuah insentif besar, yang harus kita manfaatkan di bulan Ramadhan ini.

Aplikasiknya dalam program pengembangan diri ialah harus tersedia insentif yang besar, agar menambah motivasi siapa pun yang menjalankan program pengembangan diri. Jika untuk diri sendiri, Anda bisa mengatur tujuan besar yang harus terus diingat, sehingga bisa memotivasi Anda untuk bertindak. Begitu juga jika Anda mengaplikasikan program pengembangan diri untuk anak buah Anda, berikan insentif yang besar agar mereka termotivasi untuk menjalankan program pengembangan diri. Insentif itu sangat penting.

Kesimpulan

Sekarang kita bisa lihat, bahwa kita bisa memetik hikmah yang luar biasa dari Ramadhan. Sebuah program peningkatan kualitas diri yang didesain langsung oleh Allah. Jika kita memetik hikmahnya, kemudian kita aplikasikan untuk seluruh aspek kehidupan kita, maka akan menjadikan kita sukses dunia dan akhirat.

Judul Asli: “Hikmah Ramadhan: Program Pengembangan Diri Terbaik”